Selasa, 25 November 2014

CHECK VALVE

Check valve adalah alat yang digunakan untuk membuat aliran fluida hanya mengalir ke satu arah saja atau agar tidak terjadi reversed flow/back flow.

Jenis-jenis check valve:

a. Swing Check Valve

Check valve tipe ini terdiri atas sebuah disk seukuran dengan pipa yang digunakan, dan dirancang menggantung pada poros (hinge pin) di bagian atasnya. Apabila terjadi aliran maju atau foward flow, maka disk akan terdorong oleh tekanan sehingga terbuka dan fluda dapat mengalir menuju saluran outlet. semakin tinggi tekanan balik semakin rapat disk terpasang pada dudukannya.


b. Lift check valve
Penggunaan untuk fluida steam, gas, maupun liquid yang mempunyai flow yang tinggi.dalam konfigurasinya mirip dengan globe valve hanya saja pada globe valve putaran disk atau valve dapat dimanipulasi sedangkan pada lift check valve tidak (karna globe valve adalah jenis valve putar dan control valve)


c. Back water valve
Back water valve, banyak digunakan pada sistem pembuangan air bawah tanah yang mencegah terjadinya aliran balik dari saluran pembuangan saat terjadi banjir.


d. Swing Type wafer check valve
Dalam penggunaan swing check valve dan lift check valve terbatasi hanya untuk pipa ukuran besar (diameter DN80 atau lebih). dengan menggunakan wafer check valve dapat digunakan tubing dengan ukuran yang mengerucut pada satu sisinya sehingga dapat diaplikasikan pada pipa yang lebih kecil ukurannya.


e. Disk check valve
Valve jenis ini terdiri atas body, spring, spring retainer dan disc. Prinsip kerjanya adalah saat terjadi foward flow, maka disk akan didorong oleh tekanan fluida dan mendorong spring sehingga ada celah yang menyebabkan aliran fluida dari inlet menuju outlet.



f.  Split check valve
Check valve jenis ini adalah terdiri dari disk yang bagian tengahnya merupakan poros yang memungkinkan disk bergerak seolah terbagi dua bila didorong dari arah yang benar (forward flow) dan menutup rapat bila ditekan dari arah yang salah (reverse flow).


0 komentar:

Posting Komentar